Damayanti Puspita Sari1, Achmad FArich2
ABSTRAK
Kepuasan
pasien merupakan salah satu hal sangat penting dalam meninjau mutu pelayanan
khususnya pelayanan suatu rumah sakit mendefenisikan kepuasan pasien dari sisi
yang berbeda, pasien memasuki rumah sakit dengan serangkaian harapan dan
keinginan.Tujuan penelitian diketahuinya Persepsi Pasien Rawat Inap Tentang
Mutu Pelayanan Kesehatan Dalam Hubungan Tingkat Kepuasaan Pasien Di RSUD Dr A.
Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung Tahun 2014.
Jenis
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif denga pendekatan cross sectional. Populasi dalam
penelitian ini adalah pasien rawat inap RSUD Dr A. Dadi Tjokrodipo.Pengambilan
sampel dilakukan dengan mengunakan teknik accidental
sampling sebanyak 67 sampel. Pengumpulan data melalui wawancara berpedoman
pada kuisioner, analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat
dengan uji chi- square.
Hasil
analisis univariat didapatkan (56,7%) pasien menyatakan tidak sesuai dengan
pelayanan yang sudah diberikan, pada persepsi kehandalan, persepsi ketanggapan,
persepsi jaminan, persepsi empati, dan persepsi mutu layanan yang berwujud
berturut-turut (50,7%), (26,9%), (37,3%), (43,3%), dan (25,4%) pasien
menyatakan Ya terhadap kepuasan pasien itu sendiri. Sedangkan analisis bivariat
menujukan bahwa ada hubungan antara persepsi tentang kehandalan (p-value = 0,004; OR = 5,048), persepsi
ketanggapan (p- value = 0,039; OR =
3,765), persepsi jaminan (p-value =
0,061; OR = 3,000), persepsi empati (p-value
= 0,003; OR 5,320) dan persepsi mutu layanan yang berwujud (p-value = 0,075 ;OR = 3,259) dengan
kepuasaan pasien.
Disarankan
agar RSUD Dr A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung dapat terus meningkatkan
kualitas pelayanan khususnya tenaga kesehatan dengan cara mengadakan pelatihan
untuk tenaga kerja secara berkala
Kata
Kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasaan Pasien
1.
RSUD dr. A. Dadi Djokrodipo Bandar Lampung
2.
FKM Universitas Malahayati Bandar Lampung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar