HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr.A.DADI TJOKRODIPO BANDAR LAMPUNG TAHUN 2014



Devy Septina Sari1, Samino2

ABSTRAK

        Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk, serta penyelengggaranya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan profesi yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit Umum dr.A.Dadi Tjokrodiipo Bandar Lampung tahun 2014
        Jenis penelitian yang di gunakan adalah analitik dengan pendekatan cross sectoral. Populasinya adalah pasien rawat inap RSUD dr.A.Dadi Tjokrodipo dengan jumlah populasi 474. Sample 200 orang. Analisa data  menggunakan uji Chi-square (X2) dengan alpha 0,05
        Hasil uji statistik didapatkan ada hubungan antara tangible (p-value=0,000)dengan OR 29,000, reability (p-value =0,000)dengan OR 63,000, responsiveness ( p-value=0,000)dengan OR 63,000, assurance (p-value=0,000)dengan OR 104,000 dan empaty (p-value-0,000)dengan OR 108,818 dengan kepuasan pasien
        Kesimpulan ada hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien. Disarankan agar dimensi mutu pelayanan kesehatan berdasarkan tangible yang menunjukan pengaruh signifikan yang lemah untuk menjadi perhatian dengan meningkatkan kebersihan ruangan dengan cara memberikan pengarahan kepada tenaga kebersihan yang ada di ruang rawat inap.



Kata kunci : Kepuasan pasien, tangible, reability, responsiveness,assurance, empaty





1.    Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung
2.    FKM Universitas Malahayati Bandar Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar