Devy
Septina Sari1, Samino2
ABSTRAK
Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah
pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan
kesehatan sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk, serta
penyelengggaranya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan profesi yang
telah ditetapkan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan mutu
pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas III di
Rumah Sakit Umum dr.A.Dadi Tjokrodiipo Bandar Lampung tahun 2014
Jenis penelitian yang di gunakan adalah
analitik dengan pendekatan cross sectoral. Populasinya adalah pasien rawat inap
RSUD dr.A.Dadi Tjokrodipo dengan jumlah populasi 474. Sample 200 orang. Analisa
data menggunakan uji Chi-square (X2) dengan alpha
0,05
Hasil uji statistik didapatkan ada
hubungan antara tangible (p-value=0,000)dengan
OR 29,000, reability (p-value =0,000)dengan
OR 63,000, responsiveness (
p-value=0,000)dengan OR 63,000, assurance
(p-value=0,000)dengan OR 104,000 dan empaty
(p-value-0,000)dengan OR 108,818 dengan kepuasan pasien
Kesimpulan ada hubungan mutu pelayanan
dengan kepuasan pasien. Disarankan agar dimensi mutu pelayanan kesehatan
berdasarkan tangible yang menunjukan
pengaruh signifikan yang lemah untuk menjadi perhatian dengan meningkatkan
kebersihan ruangan dengan cara memberikan pengarahan kepada tenaga kebersihan
yang ada di ruang rawat inap.
Kata kunci :
Kepuasan pasien, tangible, reability,
responsiveness,assurance, empaty
1. Dinas
Kesehatan Kota Bandar Lampung
2. FKM
Universitas Malahayati Bandar Lampung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar